GULA HABANG ASLI LAMPIHONG BALANGAN

langkah supian
0
Kecamatan Lampihong Kabupaten Balangan yang memiliki khas pembuat Gula habang (gula merah.red), namun keberadaannya mulai susah dicari. Pasalnya, pohon aren yang merupakan bahan baku pembuatan gula merah, saat ini mulai langka.
Komoditi andalan sebagian warga ‘Bumi Sanggam’ khususnya Kecamatan Lampihong itu, kian susah diperoleh, selain banyak yang sudah tua dan jarang renegerasi juga tak sedikit ditebang masyarakat.
Seperti Kecamatan Lampihong dan Halong misalnya, banyak pembikin gula merah terpaksa nganggur akibat kesulitan memperoleh bahan baku. ``Pohon aren kian menghilang, padahal, jumlah permintaan stabil,’’ tutur Harun, salah seorang pembuat gula merah asal Lampihong
.
Menurut Harun, gula merah sejatinya mampu jadi tumpuan melanjutkan hidup bagi keluarga. Mengingat jika distribusi bahan baku lancar, pendapatan bisa mencapai Rp50 hingga Rp100 ribu per hari. ``Bahan baku lancer, maka bergantung pemasaran. Biasanya permintaan tak hanya datang dari Paringin saja, tetapi juga merambah ke kabupaten tetangga seperti Barabai (HST), Amuntai (HSU) dan Tabalong,’’ sebutnya.
Diceritakan Harun, sejatinya agar tak ngganggur dia sering memburu pohon aren hingga ke sejumlah desa di Lampihong, bahkan hingga ke Kecamatan Batu Mandi atau perbatasan Kabupaten Hulu Sungai Tengah.
Dipaparkannya, kian langkanya pohon aren, dikabarkan lantaran masyarakat mengeskpornya untuk bahan pembuatan dempul kapal di Pulau Jawa atau Sulawesi. ``Agar bisa bertahan, kami terpaksa membuat gula merah berbahan campuran gula jawa dengan gula pasir yang kualitasnya tak sebagus bahan asli,’’ bebernya.
Selanjutnya, bapa dari tiga anak ini, membocorkan cara membikin gula merah. Dalam satu kawah, dia mencampur sedikitnya 45 kg gula pasir plus 15 kg gula jawa. Tercampur merata dengan mengaduknya, berikut saat temperatur panas berkurang dikeluarkan dari kawah dan dimasukan dalam tuangan plastik berukuran sedang, berbentuk bundar hingga tampak menarik. ``Bentuk tuangan variasi tergantung selera, hanya ukurannya saja yang sama,’’ pungkas Harus.

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)